7 Tips Agar Tidak Boros Selama Bulan Ramadan

7 Tips Agar Tidak Boros Selama Bulan Ramadan

Smallest Font
Largest Font

Tononiha.com— Bulan Maret 2024 ini, umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Bulan Ramadan menjadi momen tepat untuk menjaga kondisi keuangan karena dari sisi pengeluaran tertentunya untuk makan akam ada pengurangan.

Namun, bagi beberapa orang pengeluaran selama Ramadan malah membengkak. Pembengkakan keuangan Ramadan diakibatkan karena tidak sedikitnya orang terlalu banyak dalam membeli makanan.

Agar tidak boros di bulan Ramadan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan 7 tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan selama bulan Ramadan. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Bikin Rencana Keuangan

Rencana menjadi langkah mudah dan paling awal yang harus dilakukan jika ingin mencapai sebuah tujuan. Apabila tujuannya untuk mengelola keuangan dengan bijak dan baik selama Ramadan, maka buatlah rencana berupa daftar prioritas apa saja yang akan dilakukan setiap harinya.

Tentukan anggaran pengeluaran untuk makan sahur dan berbuka, cicilan, tagihan listrik, kebutuhan pokok lainnya sampai dana darurat yang sesuai dengan kantong. Jangan lupa sisihkan uang untuk bersedekah karena Ramadan menjadi salah satu bulan penuh keberkahan.

  1. Utamakan Kebutuhan, Kesampingkan Keinginan

Berpuasa merupakan sebuah aktivitas untuk menahan hawa nafsu. Bukan hanya lapar dan haus, namun juga keinginan berbelanja di luar kebutuhan utama. Memang sedikit sulit, lantaran biasanya akan banyak penawaran diskon besar-besaran seperti di toko offline ataupun online selama Ramadan. Bisa manfaatkan diskon tersebut karena sah-sah saja dengan memastikan untuk menggunakannya saat membeli kebutuhan.

  1. Kelompokan Pengeluaran Bulan Ramadan dengan Hari Raya Idul Fitri

Pengeluaran selama bulan Ramadan dan Hari Raya harus dikelompokkan. Kebutuhan Ramadan apabila digunakan untuk fokus memenuhi kebutuhan sehar-hari khususnya sahur dan buka puasa. Maka lain dengan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya orang yang telah bekerja akan menyiapkan hadiah atau Tunjangan Hari Raya (THR) untuk orang tua, saudara terdekat, sampai keponakan.

Tak lupa juga ada pengeluaran kue lebaran sebagai tradisi Hari Raya yang perlu dipersiapkan. Namun tetap ingat untuk mengontrolnya agar tidak terlalu berlenihan. Sementara untuk pakaian baru bukan sesuai wajib. Jika tidak perlu membutukan maka lebih baik untuk menundanya.

  1. Buat Daftar Menu Sahur dan Buka Puasa

Selama bulan Ramadan, bisa membuat daftar menu sahur dan berbkua. Hal itu agar bisa memasak di rumah untuk menghemat pengeluaran khususnya untuk anggaran berbuka puasa di luar. Jika bingung, bisa mencari menu apa saja yang ingin dibuat melalui internet. Agar mempermudahnya, tuliskan daftar bahan makanan apa saja yang diperlukan sehingga bisa dipikirkan keuangannya.

  1. Belanja Lebih Awal

Harga barang pokok biasanya akan melonjak saat Ramadan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Agar mengatisipasinya, kalian bisa berbelanja kebuthan pokok seperti beras, minyak dan lainnya sebelum masuk bulan Ramadan.

  1. Catat Pengeluaran Harian

Dengan langkah membuat catatan pengeluaran harian, tentu akan membuat kalian lebih mengetahui ebrapa banyak uang yang sudah dihabiskan selama bulan Ramadan. Jika dirasa berlebihan, kalian bisa mengontrolnya dengan kembali konsisten ke rencana awal yang sudah ditentukan. Hal tersebut sebagai langkah agar bisa terus berhmat dan memprioritaskan kebutuhan selama bulan puasa.

  1. Terus Berkomitmen dengan Rencana Awal

Jangan sampai rencana yang sudah kalian susun sejak awal menjadi sia-sia karena selalu mengikuti keinginan semata. Maka dari itu agar menjaga keuangan tetap stabil selama Ramadan, konsisten dan komitmen dengan rencana awal agar pengeluaran yang sudah diharapkan tidak membengkak.

 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Konten Terkait